Mengenal Bab Badan Insan Dan Fungsinya

 terdiri atas badan bab luar dan bab dalam Mengenal Bagian Tubuh Manusia dan Fungsinya
Tubuh manusia terdiri atas badan bab luar dan bab dalam. Tubuh bab luar yakni anggota badan yang sanggup dilihat dari luar, menyerupai alat indra dan alat gerak. Tubuh bab dalam yakni bab badan yang berada di dalam badan dan tidak sanggup dilihat dari luar. Contohnya, otak, jantung, hati, paru-paru, ginjal, lambung, usus, dan rangka tubuh.

Anggota-anggota badan insan atau disebut organ tidak bekerja sendiri-sendiri tetapi saling bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh. Untuk sanggup melakukan fungsinya, beberapa organ terangkai membentuk suatu sistem organ. Sistem organ dalam badan manusia, antara lain sistem rangka, sistem otot, sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem peredaran darah, sistem indra, sistem saraf, dan sistem reproduksi. Sehingga biar badan sanggup berfungsi maksimal, maka semua bab badan harus dalam keadaan sehat.

Sistem-sistem yang menyusun badan insan mempunyai kiprah dan fungsi yang berbeda-beda. Sistem rangka mempunyai fungsi sebagai penyokong dan pelindung organ-organ penting di dalam tubuh, menyerupai jantung dan paru-paru. Sistem otot berfungsi untuk menggerakkan tubuh. Sistem pencernaan bekerja untuk pemrosesan kuliner yang terjadi di dalam mulut, perut, dan usus. Sistem pernapasan bertugas untuk memasukkan oksigen ke badan serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

Sistem peredaran darah mempunyai fungsi sebagai pengangkut sari makanan, oksigen, dan karbon dioksida dalam tubuh. Sistem indra terdiri dari beberapa organ yang berfungsi sebagai alat penglihatan (mata), pendengaran (telinga), peraba (kulit), penciuman (hidung), dan perasa (lidah). Sistem saraf berfungsi untuk mengumpulkan, mengirim, dan memproses warta dalam otak dan saraf serta mengoordinasi gerak dan jawaban terhadap rangsang. Sistem reproduksi mempunyai fungsi sebagai alat berkembang biak.

Ringkasan:
  • Bagian Tubuh Manusia terbagi menjadi bab luar dan bab dalam,
  • Organ badan insan bekerja saling bekerja sama untuk menjalankan fungsi tertentu di dalam tubuh,
  • Agar badan sanggup berfungsi secara maksimal maka kesehatan seluruh bab badan harus tetap terjaga.

Comments

Popular posts from this blog

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Dengan Pijat Endorphin

Bahaya Penyakit Hipotiroid Kongenital Pada Bayi

Cara Memandikan Bayi Yang Baik Dan Benar