Pengaruh Psikologi Ibu Menyusui Terhadap Bayi

 bahkan tidak sedikit ibu yang mempunyai perasaan yang lebih peka Pengaruh Psikologi Ibu Menyusui terhadap Bayi
Kondisi psikologi ibu sehabis melahirkan tentu akan berbeda-beda, bahkan tidak sedikit ibu yang mempunyai perasaan yang lebih peka, gampang tersinggung dan lebih sensitif. Kondisi ini bisa terjadi di ahad awal kehadiran bayi bahkan beberapa ibu mengalami perubahan psikologi sampai berbulan-bulan. Perbedaan kondisi psikologi ibu ini dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama dukungan dari suami dan anggota keluarga yang lain.

Kemampuan perempuan dalam menyesuaikan diri dengan rutinitas merawat bayi sangat diperlukan terutama bagi ibu menyusui anak pertama. Banyak diantara ibu yang tidak bisa beradaptasi, alhasil mengalami baby blues (kondisi sedih, tidak percaya diri, gampang tersinggung, resah dan khawatir) ketika menyusui. Gangguan psikologis ini, harus segera diatasi sehingga tidak menyebabkan ibu menyusui menjadi depresi.

Langkah awal menjaga psikologi ibu menyusui tetap baik, yakni dengan memotivasi diri bahwa menyusui bayi akan membentuk kekerabatan batin yang lebih berpengaruh antara ibu dan buah hati. Penelitian lain menemukan,  bahwa menawarkan ASI pribadi kepada bayi selama 6 bulan sanggup menawarkan dampak aktual kepada wanita.

Saat menyusui, otak ibu pertanda sensitivitas yang tinggi sehingga lebih cepat melaksanakan respon terhadap tangisan bayi dan lebih memahami perasaan bayi. Psikologi Ibu Menyusui yang lain yakni sanggup menyebabkan perempuan lebih bernafsu untuk melindungi bayi, sensitif, mempunyai keberanian ekstra untuk melindungi bayi dan tekanan darah sanggup terkontrol.

Cara mengatur Psikologi Ibu Menyusui

Menyusui bayi memang sanggup memicu perubahan hormon yang aktual dan perubahan hormon yang negatif, sehingga ibu menyusui harus bisa mengontrol perubahan yang terjadi di dalam diri dan lingkungan ketika sedang menyusui, dengan cara-cara sebagai berikut:
  • Meminta sumbangan orang terdekat (keluarga) untuk membantu kebutuhan anda sehari-hari, selama menyusui.
  • Pastikan waktu istirahat yang cukup,
  • Mengkonsumsi kuliner yang sehat dan seimbang,
  • Melakukan aktivitas menyenangkan (hobi) disaat ada waktu luang selama menyusui,
Ringkasan:
  • Kondisi psikologi ibu menyusui antara satu dengan yang lain akan berbeda-beda,
  • Menyusui sanggup  meningkatkan kekerabatan batin antara ibu dan anak,
  • Melakukan aktivitas menyenangkan (hobi) akan mengurangi resiko stres ketika menyusui.

Comments

Popular posts from this blog

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Dengan Pijat Endorphin

Bahaya Penyakit Hipotiroid Kongenital Pada Bayi

Cara Memandikan Bayi Yang Baik Dan Benar